BAHAN PA : BILA HATI TERASA BERAT (Mazmur 42)


SAAT mengikuti Tuhan, tidak jarang banyak orang Kristen mengalami saat-saat yang sulit. Stres, kekecewaan, depresi dan jauh dari Tuhan membuat mereka mengalami masa yang kelam. Pemazmurpun mengalami saat yang gelap seperti itu. Di dalam tekanan kehidupan, mazmur ini mengajarkan bagaimana bangkit dan berharap pada Tuhan.

  1. Pernahkan anda mengalami masalah yang membuat tertekan atau stres? Apakah hal tersebut mengganggu pikiran dan sikap anda? Ceritakan!
  2. Bacalah Mazmur 42
  3. Bacaan ini menunjukan Pemazmur mengalami tekanan yang berat dan merasa ditinggalkan sendiri. Bagaimana ia menggambarkan hubungannya dengan Allah (ay.2,3,10)?
  4. Pemazmur adalah seorang penyanyi di rumah Allah (ay.1) tapi tekanan ini mengganggu pelayanannya (ay.5) dan ia menjadi olokan lawannya (ay.4,11). Menurut anda, bagaimana perasaan Pemazmur saat itu?
  5. Pemazmur mengalami stres mendalam (depresi) tapi ia tidak tinggal diam. Apa yang dilakukan Pemazmur untuk keluar dari hal tersebut (ay.6a,12a)?
  6. Bagaimana pengalaman bersama Tuhan (ay.9) dan memotivasi diri untuk berharap pada Tuhan (ay.6b,12b) membuat Pemazmur dapat bangkit? Diskusikan!
  7. Tekanan yang kuat dari dalam dan luar diri kita dapat membuat kita menjadi depresi. Hal apa dalam hidup in yang dapat membuat anda tertekan? Diskusi dalam kelompok cara mengatasi tekanan tersebut!
  8. Firman Tuhan pada Filipi 4:6,7 banyak menguatkan orang yang mendapat tekanan berat. Baca dan cobalah menghafal ayat ini untuk menguatkan kita dalam saat-saat yang berat!

 Yang terpenting bukanlah sebesar apa tekanan yang kita hadapi, tapi bagaimana respon kita pada tekanan tersebut

PAPemudaRayon7 (23 April 2015)

Penjelasan:

  1. Pemazmur mengalami kerenggangan dalam hubungan dengan Tuhan. kata “haus”, “merindukan” dengan pertanyaan “bilakah aku boleh melihat Allah?” menunjukkan ada kerinduan akan relasi dengan Allah tapi tidak bisa terwujud. ini juga terlihat pada ayat 10 “mengapa Engkau melupakan aku”
  2.  –
  3. untuk keluar dari stres yang mendalam atau depresi, Pemazmur membuat pengakuan bahwa dirinya tertekan. ini merupakan langkah awal untuk pemulihan yaitu mengakui bahwa dirinya mengalami tekanan.
  4. mengingat kembali hubungan dengan Tuhan dan menguatkan (memotivasi) diri untuk bangkit merupakan bagian penting untuk pulih dari depresi. penting untuk disampaikan bahwa seorang yang depresi membutuhkan tempat untuk berbagi pada orang lain entah melalui sahabat, kakak rohani ataupun melalui sebuah tulisan
  5.  –
  6. Menghafal ayat merupakan modal penting saat kita mengalami depresi. Saat berat untuk membuka Alkitab, Allah mengingatkan melalui firman Tuhan yang kita hafalkan.

Tentang yc7jpo

Persekutuan pemuda Lingkungan VII Jemaat GMIT Pniel Oebobo. Tempat untuk bertemu sebagai saudara dalam belajar bertumbuh makin seperti Kristus Tuhan kita serta berkarya menjadi garam dan terang dimana kita berada.
Pos ini dipublikasikan di Bahan PA dan tag , , , . Tandai permalink.

Form Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s