Yesus Bangkit Setelah Hari Kedua atau Ketiga?


KALAU Yesus mati pada hari jumat lalu bangkit pada hari minggu bukankah selisihnya hanya 2 hari? tapi bukankah firman Tuhan mengatakan tiga hari?

Kemudian Yesus berkata, “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.” (Lukas 9:22).

Ayat itu merupakan dasar orang mengajukan pertanyaan, “benarkah kebangkitan Yesus terjadi pada hari ketiga?”

Perhitungan hari orang Yahudi berbeda dengan perhitungan hari kita secara umum. Bila kita umumnya menghitung waktu dimulai dari pukul 00.00-23.59, maka tidak demikian halnya dengan orang Yahudi. Perhitungan hari mereka dimulai dari pukul 18.00 sore. Yesus wafat pada hari Jumat kira2 pukul 15:00. Ini sudah dihitung hari pertama menurut orang Yahudi. Pukul 18:00 hari Jumat (buat kita) sudah dihitung masuk hari Sabat. Saat itu Yesus sudah dikuburkan.

Hari kedua itu dihitung dari Jumat 18:00-Sabtu 17:59. Nah, Kebangkitan Yesus dirayakan pada Minggu pagi (sudah hari ketiga dalam perhitungan Yahudi). Ingat bahwa perkataan Yesus sering mengambil konteks Yahudi. Jadi memahami perkataan 3 hari tersebut harus merujuk pada perhitungan kalender Yahudi.

Tentang yc7jpo

Persekutuan pemuda Lingkungan VII Jemaat GMIT Pniel Oebobo. Tempat untuk bertemu sebagai saudara dalam belajar bertumbuh makin seperti Kristus Tuhan kita serta berkarya menjadi garam dan terang dimana kita berada.
Pos ini dipublikasikan di Apologetika dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Yesus Bangkit Setelah Hari Kedua atau Ketiga?

  1. Jerry berkata:

    bagus …jadi lebih jelas soal perhitungan hari Yahudi.

Form Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s