Bahan PA : BIAYA MENJADI MURID (Lukas 14:25-35)


BANYAK orang mau datang pada Yesus dengan berbagai alasan: untuk memuaskan rasa ingin tahu, disembuhkan, mendengar Dia mengajar dengan luar biasa atau ikut-ikutan. Tapi saat-saat tertentu Yesus menantang murid-muridNya dengan kata-kata yang keras. Sebagai pengikut Kristus, kita perlu memperhatikan kata-kata Yesus, termasuk biaya untuk mengikuti Yesus sebagai Tuhan

  1. Menurut anda apa yang paling menarik dari Yesus yang membuat anda mau datang kepada-Nya?
  2. Bacalah Lukas 14:25-35. Apa tuntutan Yesus untuk orang-orang yang mau menjadi murid-murid-Nya (ay 25-27)?
  3. Menurut anda apa maksud kata ”membenci” (ay.26) (band Mat 10:37) dan ”memikul salib” (ay.27) (band. Luk 9:23)? Bagaimana perasaan anda ketika mendengar pernyataan ini?
  4. Pada ayat 28-32, Yesus memakai perumpamaan untuk membuat pertimbangan dalam pembangunan menara dan mau berperang. Apa makna bagian ini dikaitkan dengan menjadi pengikut Yesus? Apa hubungannya dengan melepaskan segala sesuatu untuk menjadi murid Yesus (ay. 33)?
  5. Garam pada zaman Tuhan Yesus adalah garam yang tidak murni. Karena proses kimiawi, garam dapat menjadi tawar dan tidak berguna. Bagaimana orang yang tidak sepenuh hati mengikuti Yesus digambarkan seperti garam yang tawar?
  6. Apa yang anda pelajari dari PA hari ini?
  7. banyak ”biaya” yang harus dibayar untuk menjadi seorang murid. Biaya apa saja yang perlu anda bayar untuk menjadi murid Yesus? Sharingkan dan doakan dalam kelompok!

Diskusi Pemuda WPJ VII (9 Oktober 2008)

Tentang yc7jpo

Persekutuan pemuda Lingkungan VII Jemaat GMIT Pniel Oebobo. Tempat untuk bertemu sebagai saudara dalam belajar bertumbuh makin seperti Kristus Tuhan kita serta berkarya menjadi garam dan terang dimana kita berada.
Pos ini dipublikasikan di Bahan PA dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Bahan PA : BIAYA MENJADI MURID (Lukas 14:25-35)

  1. elky sommers berkata:

    apakah bahan ini cocok untuk anak smp

    • yc7jpo berkata:

      syalom eky… bahan ini sasaran utama untuk pemuda (SMA – mahasiswa) untuk dibawahnya (SMP) harus dimodifikasi lagi pertanyaannya… kalo untuk smp (remaja) harus lebih menyenangkan dengan permainan2 di bagian awal.

Form Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s